Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 XIII KOTO KAMPAR

HIJRIATI (2017) PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017980PAI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017980PAI.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017980PAI.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017980PAI.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017980PAI.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017980PAI.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017980PAI.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017980PAI.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017980PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017980PAI.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017980PAI.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pola asuh orangtua (variabel X)dan kemandirian belajar siswa (variabel Y). Berangkat dari permasalahan dengan rumusan masalah, bagaimana pola asuh orangtua pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam?, bagaimana kemandirian belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam?, dan apakah terdapat pengaruh yang signitifikan antara pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 XIII Koto Kampar.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan Kelas VIIISekolah Menengah Pertama Negeri 2 XIII Koto Kampar dengan objek penelitian adalah pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 XIII Koto Kampar.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan VIIISMPN 2 XIII Koto Kampar yang berjumlah 132 sample terdiri dari 35 siswa dari sebagian siswa kelas VII dan VIII terdiri dari 5 kelas diambil 25% siswa dengan teknik pengumpulan sampel adalah total sampling.Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang di gunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis di peroleh bahwa pola asuh orangtua pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 XIII Koto Kampartergolong baik dengan persentase 77,43% dengan kemandirian belajar siswa juga tergolong baik dengan persentase 71,46%. Hasil analisis lebih lanjut di peroleh nilai t hitung > t tabel (4,554> 1,685) dengan sig (0,000 < 0,05) lebih kecil dari probabilitas 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 di tolak yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa. Adapun persentase sumbangan pengaruh pola asuh orangtua terhadap kemandirian belajar siswa adalah sebesar 38,6% Sedangkan sisanya di pengaruhi atau di jelaskan oleh variabel lain yang tidak di masukkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Pola Asuh Orangtua, Kemandirian Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 Sep 2019 05:37
Last Modified: 06 Sep 2019 05:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19371

Actions (login required)

View Item View Item