SUNARTI (2017) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF ORANGTUA DAN ANAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017944PAI.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017944PAI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017944PAI.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017944PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017944PAI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017944PAI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017944PAI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017944PAI.pdf Download (418kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017944PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (729kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017944PAI.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017944PAI.pdf Download (321kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Interaksi Orangtua dan Anak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak. Berdasarkan wawancara dengan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak penulis menemukan gejala sebagian siswa kurang bersemangat ketika mengikuti mata pelajaran Fiqih bahwa orangtua kurang memiliki waktu untuk menemani belajar anak di rumah. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak pemilihan lokasi didasari dengan alasan pemasalahan yang ada di lokasi ini. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan siswa bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak. Peniliti menetapkan sampel sebesar siswa sebanyak 71 siswa dan orangtua. Dari hasil penyajian data terhadap penelitian yang dilakukan maka didapatkan kesimpulan 1) interaksi orangtua dengan anak dengan persentase 80% tergolong dalam kategori baik. Artinya interaksi orangtua dengan anak pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak berada pada taraf baik. Orangtua telah melaksanakan proses interaksi dengan anaknya dirumah dengan baik khususnya pada saat anak belajar mata pelajaran Fiqih dirumah. 2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dengan persentase 81% tegolong kedalam kategori sangat baik. Artinya siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak memiliki motivasi atau dorongan dan semangat belajar yang sangat tinggi. Hal ini juga menjelaskan bahwa mata pelajaran Fiqih disenangi oleh siswa. 3) Adanya pengaruh yang signifikan interaksi orangtua dan anak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sungai Apit Kabupaten Siak, karena nilai korelasi (0.526) lebih basar dari nilai taraf kesalahan 5% (0.232) dan 1% (0.302). Kata kunci: Interaksi, motivasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:55 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19295 |
Actions (login required)
View Item |