NURHAYATI, 11318201600 (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBROLAN PAGI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 105 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (400kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) | Preview |
Abstract
mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru melalui penerapan metode pembelajaran obrolan pagi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dipengaruhi oleh kurangnya siswa mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajan obrolan pagi dan aktivitas belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran obrolan pagi menunjukan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 51,26%. Kemudian setelah menerapkan metode pembelajara obrolan pagi pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 69,93%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 89,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran obrolan pagi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:24 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19268 |
Actions (login required)
View Item |