Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBROLAN PAGI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 105 PEKANBARU

NURHAYATI, 11318201600 (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OBROLAN PAGI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 105 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (400kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru melalui penerapan metode pembelajaran obrolan pagi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dipengaruhi oleh kurangnya siswa mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajan obrolan pagi dan aktivitas belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa penerapan metode pembelajaran obrolan pagi menunjukan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 51,26%. Kemudian setelah menerapkan metode pembelajara obrolan pagi pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 69,93%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 89,17%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran obrolan pagi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di kelas V Sekolah Dasar Negeri 105 Pekanbaru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 05 Sep 2019 08:24
Last Modified: 05 Sep 2019 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19268

Actions (login required)

View Item View Item