HAYATUN NUPUS, 11318202176 (2017) PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN MENCARI KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 011 PULAU JAMBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (424kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Pulau Jambu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pembelajaran lebih sering menggunakan strategi ekspositori yang menekankan penyampaian materi dari guru kepada siswa dan hanya siswa tertentu saja yang aktif di dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu diterapkanlah strategi permainan mencari kata sebagai upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 011 Pulau Jambu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar sedangkan objek ini adalah penerapan strategi permainan mencari kata dalam aktivitas belajar siswa. Penelitian ini di laksanakan sebanyak 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisa data penelitian ini adalah dengan menggunakan tekhnik analisa deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan yaitu 44,37%. Kemudian setelah dilaksanakan strategi permainan mencari katapada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 69,79% dengan kategori “cukup”. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa semakin meningkat menjadi 92,29% dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian bahwa strategi permainan mencari kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Negeri 011 Pulau Jambu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Permainan Mencari Kata, Aktifitas Belajara, IPA
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 02:00 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 02:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19226 |
Actions (login required)
View Item |