DIAH PUSPA SARI, .11217201350 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DILENGKAPI MEDIA VIDEO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (520kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (444kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (351kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 14 Pekanbaru masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran rotating trio exchange dilengkapi media video terhadap prestasi belajar kimia pada pokok bahasan Hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya pretest-postest control group design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sehingga diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitukelas X5 berjumlah (36 siswa) sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran rotating trio exchange dilengkapi media video, dan kelas X4 berjumlah (37 siswa) sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil pengolahan data akhir menggunakan uji t pooled varians sehingga diperoleh nilai thitung = 2,50 sedangkan ttabel= 2,00 dan menunjukkan bahwa thitung> ttabel, maka Ho ditolakdan Ha diterima. Perolehan koefisien pengaruh sebesar 8,1%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaranrotating trio exchange dilengkapi media video dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia pada pokok bahasan Hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 14 Pekanbaru. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange, Media Video, Prestasi Belajar dan Hidrokarbon
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 03 Sep 2019 07:51 |
Last Modified: | 03 Sep 2019 07:51 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19068 |
Actions (login required)
View Item |