Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

ADE PUTRA, 11215102530 (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (667kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (757kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul berbasis pendekatan konstruktivisme yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII.B dan objek penelitian ini adalah modul berbasis pendekatan konstruktivisme. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul berbasis pendekatan konstruktivisme dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 83,1%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul berbasis pendekatan konstruktivisme dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 84,06%. Dari hasil tersebut, mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa, modul berbasis pendekatan konstruktivisme sudah memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan persentase tingkat penguasaan kemampuan berpikir kreatif yaitu 82,59% yang termasuk pada kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Konstruktivisme, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 02 Sep 2019 09:02
Last Modified: 02 Sep 2019 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18960

Actions (login required)

View Item View Item