MUSLIMIN, 11215104757 (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS INKUIRI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV.pdf Download (992kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (461kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul matematika berbasis inkuiri yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Rokan IV Koto. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 03 Rokan IV Koto dan objek penelitian adalah modul matematika berbasis inkuiri. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul matematika berbasis inkuiri dinyatakan valid dengan persentase tingkat kevalidan 79,5%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul matematika berbasis inkuiri dinyatakan sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 91,12%. Berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa, kemampuan berpikir kritis matematis siswa dinyatakan tinggi dengan persentase tingkat penguasaan 82,81%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa modul matematika berbasis inkuiri ini adalah valid dan praktis serta mampu memasilitasi kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:56 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18958 |
Actions (login required)
View Item |