NAILAH NAFILLAH, 11318203674 (2017) PENERAPAN PERMAINAN TUNJUKKAN PADAKU! DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 028 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (442kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (588kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (279kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan permainan tunjukkan padaku!. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah yaitu 70. Hal ini terbukti dari ketuntasan hasil belajar siswa yaitu hanya 9 orang siswa yang tuntas dari 20 orang siswa Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan permainan tunjukkan padaku! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 63,25 dengan ketuntasan klasikal 45,00%. Kemudian setelah menerapkan permainan tunjukkan padaku! pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 70,50 dengan ketuntasan klasikal 70,00%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 74,75 dengan ketuntasan klasikal 80,00%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan tunjukkan padaku! dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 06:59 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 06:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18831 |
Actions (login required)
View Item |