Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA CHEM-BLOCKS GAME TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA

SYUKRIYYAH HANIFAH (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA CHEM-BLOCKS GAME TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017790PK.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017790PK.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017790PK.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017790PK.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017790PK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017790PK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017790PK.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017790PK.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017790PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017790PK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR REFERENSI_2017790PK.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) masih di terapkan pada kurikulum 2013 dan kemampuan kognitif kimia siswa pada materi hukum dasar kimia masih di bawah Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media chem-blocks game terhadap kemampuan kognitif siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pekanbaru. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara simple random sampling dan diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttes sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,16 dan ttabel = 1,99 pada taraf signifikan 5%. Pada analisis kemampuan kognitif, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 86,11% dengan kategori amat baik sementara kelas kontrol yaitu 80,47% dengan kategori baik. Pada taksonomi Bloom terdapat perbedaan pada aspek C1, C2, C3, dan C4 di kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa thitung ≥ ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan media chem-blocks game terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi hukum dasar kimia dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 6,6%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Media Chem-Blocks Game, Kemampuan Kognitif, Hukum Dasar Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:27
Last Modified: 30 Aug 2019 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18684

Actions (login required)

View Item View Item