YOCKY RANDI, 11113101972 (2017) STRATEGI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SIAK HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (339kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (562kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatklan karakter disiplin siswa (2)Faktor pendukung dan penghambat strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Siak Hulu yang berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Wawancara diajukan kepada guru bimbingan konseling. Data yang terkumpul melalui wawancara dianalisis dengan teknik deskriptif kualititatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan karakter disiplin siswa dengan pemberian reward terhadap siswa. Ketika siswa melakukan sesuatu yang baik dan benar, hal ini membuat siswa merasa diperhatikan oleh guru bimbingan konseling, dan siswa selalu memiliki hubungan yang hangat dengan guru bimbingan konselingnya sehingga siswa akan terdorong untuk disiplin, kemudian dengan menunjukkan perilaku yang benar dan yang salah sehingga dengan itu siswa bisa membedakan mana sesuatu yang boleh ia lakukan dan yang mana yang tidak boleh ia lakukan. Seterusnya dengan mengembangkan dan mengendalikan peraturan sekolah sehingga siswa terhindar dari melanggar aturan sekolah hal ini akan membuat siswa selalu disiplin. (2) Faktor pendukung dan penghambat strategi guru bimbingan konseling dalam meningkatkan karakter disiplin adalah: kerjasama antara guru bimbingan konseling dengan guru bimbingan konseling lainnya, guru bidang studi, kepala sekolah , dan orang tua. Sedangkan faktor yang menghambat, datang dari kurangnya sarana prasarana berupa infocus, aliran listrik, pendanaan home visit, dan kepedulian sebagian orang tua dengan pendidikan anaknya. Kata kunci : Strategi, Disiplin
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:15 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18155 |
Actions (login required)
View Item |