MARDIANA YULITA, 11215204358 (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (901kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (669kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) |
||
|
Text
10. BAB V (1).pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah lemahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran matematika salah satunya dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses dengan bantuan alat peraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP di Bangkinang yang belajar menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan bantuan alat peraga dengan siswa yang belajar menggunakan metode konvensional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan bantuan alat peraga dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional Sekolah Menengah Pertama di Bangkinang?”. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest-posttest Control Group Design. Dalam penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran dan guru sebagai observer. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkinang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep matematis siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu satu kali pertemuan pretest, empat kali pertemuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan bantuan alat peraga, dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postest. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan tes “t” dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel diperoleh nilai thitung sebesar 4, 71 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2, 02 maka thitung ≥ ttabel atau 4, 71 ≥ 2, 02 ini berarti bahwa ha diterima dan ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan bantuan alat peraga dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini memberikan pengertian bahwa ada pengaruh yang positif dari penggunaan pendekatan keterampilan proses dengan bantuan alat peraga terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : pendekatan keterampilan proses, alat peraga, pemahaman konsep matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 03:21 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 03:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17674 |
Actions (login required)
View Item |