Ririk Setyawi, - (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKOLAH DASAR NEGERI 034 KIJANG REJO KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
01. COVER.pdf Download (491kB) | Preview |
|
|
Text
02. PENGESAHAN.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
02. PENGESAHAN.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
03. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
04. PENGHARGAAN.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
05. DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB II.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB III.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (639kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas V Sekolah Dasar Negeri 034 Kijang Rejo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 034 Kijang Rejo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa dikelas V Sekolah Dasar Negeri 034 Kijang Rejo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata 59,80% dengan kategori “Sedang”. Setelah dilakukan siklus I, hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi rata-rata 69,23% dengan kategori “Tinggi”. Setelah dilakukan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi rata-rata 80,96% dengan kategori “Sangat Tinggi”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 034 Kijang Rejo Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Model Reciprocal Teaching, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Jul 2019 03:28 |
Last Modified: | 30 Jul 2019 03:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16953 |
Actions (login required)
View Item |