RINALDI SYARFIANTO (2018) KLASIFIKASI KEPRIBADIAN AKUN TWITTER BERDASARKAN TWEET MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018222TIF.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018222TIF.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018222TIF.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018222TIF.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018222TIF.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018222TIF.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018222TIF.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018222TIF.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018222TIF.pdf Download (546kB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018222TIF.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018222TIF.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018222TIF.pdf Download (176kB) | Preview |
Abstract
Kepribadian merupakan salah satu hal yang relatif permanen, kepribadian memberikan sifat pada individu dan sangatlah penting bagi perkembangan individu. Kepribadian digunakan dalam pengrekrutan karyawan. Salah satu langkahnya ialah tes psikologi. Tes psikologi yang dilakukan kebanyakan tertulis dan wawancara hal ini memakan waktu, biaya yang mahal serta tempat. Kepribadian secara psikologi menyangkut banyak aspek salah satu pendekatan yang digunakan ialah penerapan pendekatan big five,faktor-faktor yang digunakan terdiri dari 5 yaitu Neurotisme, Ekstraversion, Openness, Agreeableness, Conscientiousness. Saat ini penggunaan sosial media sangat meningkat, dengan ini dapat dimanfaatkan salah satunya sosial mediaTwitter. Kepribadian seseorang dari aktivitas sosial media Twitter diambil dan dianalisa berdasarkan tweet yang ada. Penerapan metode mining dalam pemrosesan teks yang digunakan ialah naive bayes menggunakan 15 akun Twitter dan pelabelan melalui kuesioner yang diperoleh dari pakar psikologi, hasil diperoleh5 keluaran yakni Neurotisme, Ekstraversion, Openness, Agreeableness, Conscientiousness. Parameter yang digunakan yakni probabilitas dari setiap kata yang dilakukan text mining. Dalam penelitian ini pada pengujian berdasarkan jika kata ada dikamus dikembalikan, jika tidak maka tidak dikembalikan akurasi tertinggi yang didapatkan ialah 86,66% dari data set sebanyak 1.500 tweet pada pembagian data70:30 untuk data latih dan uji. Kata Kunci: Big five, Kepribadian, Text mining, Twitter.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 04:24 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 04:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16759 |
Actions (login required)
View Item |