Aidil Nur, - (2019) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN PERTANYAAN MUSIKAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 TERATAK RUMBIO JAYA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
02. PENGESAHAN.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
03. Abstrak.pdf - Published Version Download (288kB) | Preview |
|
|
Text
04. PENGHARGAAN.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
05.DAFTAR ISI....pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB II.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
08. BAB III.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
09. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (700kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di Sekolah Negeri 001 Teratak Rumbio Jaya Kabupaten Kampar melalui penerapan Teknik Pembelajaran Pertanyaan Musikal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di Sekolah Negeri 001 Teratak Rumbio Jaya Kabupaten Kampar.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V di Sekolah Negeri 001 Teratak Rumbio Jaya Kabupaten Kampar, sedangkan objek dalam Penelitian ini adalah menggunakan Teknik Pembelajaran Pertanyaan Musikal untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : Perencanaan, Observasi, dan Refleksi. Tehnik Analisis Data menggunakan Tehnik Analisis Deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada sebelum tindakan yaitu 41,66%, setelah dilakukan indikator keberhasilan yaitu 75% yaitu pada siklus I dengan persentase 58,37% atau aktivitas belajar siswa tergolong “Curang” karena pada rentang 50-59%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus I dari 58,37% menjadi 77,67% atau aktivitas belajar siswa “Baik”karena berada pada rentang 80-100% dan pada siklus ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan Teknik Pembelajaran Pertanyaan Musikal dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V di Sekolah Negeri 001 Teratak Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Teknik Pembelajaran Pertanyaan Musikal, Aktivitas Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 23 Jul 2019 08:23 |
Last Modified: | 23 Jul 2019 08:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16662 |
Actions (login required)
View Item |