SARI ANGGRAINI (2018) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN MEDIA E-COMMERCE DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada Tcr Beauty Shop Online Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER__2018256EI.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN__2018256EI.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK__2018256EI.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR__2018256EI.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI__2018256EI.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I__2018256EI.pdf Download (765kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II__2018256EI.pdf Download (920kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III__2018256EI.pdf Download (749kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV__2018256EI.pdf Restricted to Repository staff only Download (778kB) |
||
|
Text
10. BAB V__2018256EI.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018256EI.pdf Download (382kB) | Preview |
Abstract
Media E-Commerce adalah sarana atau tempat aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk, dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer. Di era globalisasi ini jual beli dengan menggunakan media e-commerce bukanlah hal yang baru, karena telah banyak masyarakat yang menggunakan fasilitas dari media ini untuk membantu mereka dalam melakukan aktivitas jual beli. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan media e-commerce, dan tinjauan Ekonomi Syariah terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, dimana alasan ini juga merupakan pokok permasalahan dalam penelitian ini. Peneliti mengambil sebuah toko online yang aktif di Pekanbaru sebagai tempat penelitian. Adapun tempat penelitian tersebut adalah TCR Beauty Shop yang berlokasikan di Jln. Amal Gg. Nurul Iman No. 29 Sukajadi, Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota yang bergabung ke dalam fanpage TCR Beauty Shop di Facebook, yang berjumlah 3500 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 97 orang dengan menggunakan metode snowball sampling dan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, kusioner, dan studi kepustakaan. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan media e-commerce ada tiga, yaitu Kemudahan (Ease of Use), Persepsi Harga (Price Perception), dan Kebutuhan (Needs). Persepsi Harga (Price Perception) merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam menggunakan media e-commerce. Ditinjau menurut Ekonomi Syariah faktor Kemudahan Penggunaan (Ease of Use) dan Persepsi Harga (Price Perception) yang mempengaruhi konsumen dalam menggunakan media e-commerce secara nyata sesuai dengan Ekonomi Syariah, karena kedua faktor ini memberikan manfaat dan pengaruh yang positif kepada konsumen, yaitu mempermudah konsumen dalam melakukan aktivitas jual beli, serta menghemat pengeluaran konsumen karena harga yang ditawarkan bervariasi. Namun sebaliknya, faktor Kebutuhan (Needs) tidak sesuai dengan Ekonomi Syariah, karena konsumen membeli suatu produk didorong oleh rasa keinginan yang membuat mereka melakukan pemborosan. Kata Kunci : Faktor-Faktor, Konsumen, E-Commerce, Kemudahan (Ease of Use), Persepsi Harga (Price Perception), dan Kebutuhan (Needs).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Mrs Rina Amelia - |
Date Deposited: | 16 Jul 2019 03:12 |
Last Modified: | 16 Jul 2019 03:12 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/15960 |
Actions (login required)
View Item |