Rosmani (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PADA MATERI BERIMAN KEPADA HARI AKHIR SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_201129.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak, hal ini terlihat hanya 16 orang atau 53,33% yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 6,5, sedangkan sisanya belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, selain itu siswa tekesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru di kelas khususnya pada materi beriman kepada hari akhir, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% siswa jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. Metode pembelajaran problem posing merupakan cara pemberian waktu kepada siswa untuk memikirkan respon atas pertanyaan yang diberikan dan juga dapat memecahkan masalah menjadi bagian-bagian yang lebih simple sehingga dipahami. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode pembelajaran problem posing dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak pada materi beriman kepada hari akhir siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran problem posing, hasil belajar Akidah Akhlak Pada Materi Beriman kepada hari akhir Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan metode pembelajaran problem posing pada mata pelajaran Akidah Akhlak, diketahui adanya peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak siswa kelas V dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 16 orang siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 53,33%. Pada siklus pertama ketuntasan siswa mencapai 21 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 70,00%. Dengan demikian secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 6,5, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 26 orang siswa atau dengan persentase 86,67%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan metode pembelajaran problem posing, hasil belajar akidah akhlak pada materi beriman kepada hari akhir siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 04:13 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 04:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1529 |
Actions (login required)
View Item |