Muhlasin (2010) PELAKSANAAN KURIKULUM PESANTREN DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA ALISLAMI KECAMATAN MARPOYAN DAMAI KOTA MADYA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_201107.pdf Download (515kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persoalan bahwa sebuah madrasah mestinya mengikuti kurikulum yang ditetapkan kementrian agama, sementara pada kasus di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami tidak sepenuhnya menerapkan kurikulum yang telah ditetapkan. Sebaliknya, Madrasah ini juga tidak sepenuh mengikuti tradisi pesantren yang murni, karena ia juga menggunakan media dan metode pembelajaran modern. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kurikulum pesantren di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Madya Pekanbaru dan faktor pendorong dan penghambat pelaksanaan kurikulum pondok pesantren di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Al-Islami Kecamatan Marpoyan Damai Kota Madya Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun sumber data primer kurikulum pesantren yang diperoleh melalui dokumentasi dan sumber data skunder yang diperoleh melalui wawancara terhadap pimpinan pondok pesantren, kepala madrasah Tsanawiyah pondok pesantren, wakil kepala madrasah pondok pesantren, dan guru-guru pondok pesantren, sedangkan Observasi dilakukan terhadap metode guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami meliputi beberapa komponen pokok, yaitu komponen tujuan kurikulum pesantren; yaitu “agar santri mampu memahami ilmu ‘alat, guna mendalami hukum Islam pada kitab-kitab klasik dalam proses pembelajaran, Materi ; Pada dasarnya materi atau isi kurikulum pondok pesantren yang dilaksanakan pada pesantren Nurul Huda Al-Islami dapat digolongkan pada tiga katagori, kurang berkaitan sama sekali dengan kurikulum kementerian Agama, ada kaitannya dengan kurikulum kementerian Agama, dan sangat berkaitanya dengan kurikulum kementerian Agama, metode yang digunakan dalam proses pembelajaran bervariasi akan penekanannya lebih cenderung metode hafalan dan evaluasi yang dilaksanakan adanya ulangan harian hafalan, mingguan yang disebut setoran dan semesteran. secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kurikulum di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Islami adalah dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi : Inisiatif pengasuh, Keinginan guru-guru untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengajaran di pesantren, dan Keinginan agar out put atau alumni siap pakai di masyarakat. Sedangkan faktor eksternal adalah : Perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dan Pengaruh dari dinamika sistem pendidikan pada umumnya semakin hari semakin maju.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 22 Jan 2016 08:50 |
Last Modified: | 22 Jan 2016 08:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1480 |
Actions (login required)
View Item |