VEVI MELIYANA (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE OK5R (OVERVIEW, KEY IDEAS, READ, RECORD, RECITE, REVIEW, AND REFLECT) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181141PGMI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181141PGMI.pdf Download (515kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181141PGMI.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181141PGMI.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181141PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181141PGMI.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181141PGMI.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181141PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181141PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181141PGMI.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181141PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode OK5R (Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, and Reflect) di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 23 orang siswa kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebelum tindakan diperoleh rata- rata 64,34 dengan ketuntasasn klasikal 47,83%. Setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus 1 meningkatnya yaitu dengan rata- rata 74,35 dengan ketuntasan klasikal 78,26%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat lagi dengan rata- rata mencapai 79,56 dengan ketuntasan klasikal 95,65%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode OK5R dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Kata kunci: Metode Overview, Key Ideas, Read, Record, Recite, Review, and Reflect, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 08:06 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 08:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14705 |
Actions (login required)
View Item |