ABDUL AZIZ NASUTION (2018) PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANTARA SISWA DARI KELUARGA BERPENDIDIKAN TINGGI DENGAN SISWA DARI KELUARGA BERPENDIDIKAN DASAR MENENGAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181129PAI.pdf Download (394kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181129PAI.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181129PAI.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181129PAI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181129PAI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181129PAI.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181129PAI.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181129PAI.pdf Download (610kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181129PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181129PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181129PAI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI antara siswa dari keluarga berpendidikan tinggi dan siswa dari keluarga berpendidikan dasar-menengah di kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru, penulis memfokuskan penelitian ini kepada siswa kelas VIII dengan jumlah 275 siswa muslim yang terdiri dari 111 siswa dari keluarga berpendidikan tinggi dan 164 siswa dari keluarga berpendidikan dasar-menengah, dikarenakan siswa kelas VII belum bisa di jadikan sebagai sampel penelitian sebab dalam masa transisi dari pendidikan SD ke SMP. Sedangkan siswa kelas IX sedang dalam proses persiapan Ujian Nasional sehingga tidak memungkinkan di ikut sertakan dalam penelitian. Mengingat populasi penelitian lebih dari 100 penulis mengambil sampel sebanyak 30% dari jumlah populasi sehingga sampel penelitian berjumlah 84 siswa, terdiri dari 34 siswa dari keluarga berpendidikan tinggi dan 50 siswa dari keluarga berpendidikan dasar-menengah, dengan menggunakan Teknik Proporsional Random Sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunanakan angket dan dokumentasi, angket diajukan kepada seluruh sampel di kelas VIII SMP Negeri 10 Pekanbaru dan dokumentasi penulis dapatkan dari TU SMP Negeri 10 Pekanbaru. Data yang terkumpul melalui angket di analisis dengan menggunakan teknik Komparasi Bivarian dengan menggunakan rumus “t” untuk sampel besar yang tidak berkolerasi. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan motivasi belajar mata PAI antara siswa dari keluarga berpendidikan tinggi dan siswa dari keluarga berpendidikan dasar-menengah di kelas VIII SMP Negeri 10 pekanbaru. Hal ini diketahui dari hasil angket yang disebarkan kepada siswa yang bersumber dari dokumentasi. adapun hasil akhir dari pengolahan data melalui angket menunjukkan Mean X (motivasi belajar siswa dari keluarga berpendidikan dasar-menengah)= 69,6 dan Mean Y (motivasi belajar siswa dari keluarga berpendidikan tinggi)= 75,3. Hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar pada mata pelajaran PAI dari keluarga berpedidikan tinggi lebih baik daripada siswa dari keluaraga berpendidikan dasarmenengah. Kata Kunci: Perbandingan Motivasi Belajar, Siswa dari Keluarga Berpendidikan Tinggi, Siswa dari Keluarga Berpendidikan Dasar-Menengah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 07:23 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 07:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14670 |
Actions (login required)
View Item |