ISNA WATI (2018) EFEKTIFITAS LAYANAN MEDIASI DALAM MENYELESAIKAN KONFLIK ANTAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TELKOM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20181093KI.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20181093KI.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20181093KI.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20181093KI.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20181093KI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20181093KI.pdf Download (502kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20181093KI.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20181093KI.pdf Download (419kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20181093KI.pdf Restricted to Repository staff only Download (863kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20181093KI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20181093KI.pdf Download (410kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1)efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik antar siswa, dan 2) faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik antar siswa di sekolah menengah kejuruan Telkom pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan study kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti layanan mediasi, sedangkan objek penelitian ini adalah efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik antar siswa. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang siswa yang pernah mengikuti layanan mediasi, 1 orang guru pembimbing, 1orang wali kelas, dan 1 orang waka kurikulum sebagai informan tambahan. Untuk pengumpulan data digunakan wawancara dengan siswa, guru pembimbing, wali kelas, dan waka kurikulum. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu memaparkan, apa adanya hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik anatar siswa belum efektif yang terlihat dari ;(1) masih ada siswa yang belum bisa bersikap toleran terhadap pihak lawan (2) masih ada sikap siswa yang tidak mau saling tegur sapa (3) masih ada siswa yang berfikiran untuk membalas perilaku pihak lawan di kemudian hari (4) masih ada siswa yang masih belum memaafkan kesalahan temannya. Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan mediasi dalam menyelesaikan konflik antar siswa adalah (1) pengalaman guru pembimbing yang sudah bertugas selama 3 tahun (2) keperibadian guru pembimbing yang baik dan bijaksana (3) keterampilan guru pembimbing yang matang (4) dalam melaksanakan layanan mediasi siswa cenderung berbohong dan menutupi kesalahannya (5) siswa yang mengikuti layanan mediasi cenderung mementingkan ego nya sendiri. Kata Kunci : Efektifitas Layanan Mediasi, Konflik Antar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 01:20 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 01:20 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14555 |
Actions (login required)
View Item |