BELLA DESVITA SARI (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 026 BALAM JAYA KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018950PGMI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018950PGMI.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018950PGMI.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_2018950PGMI.pdf Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_2018950PGMI.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_2018950PGMI.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_2018950PGMI.pdf Download (544kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_2018950PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
9. BAB V_2018950PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2018950PGMI.pdf Download (329kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 026 Balam Jaya Kecamatan Tambang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan26 siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 026 Balam Jaya Kecamatan Tambang.Penelitian ini dilakukan dalam II siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan diperoleh rata-rata 65,38 dengan ketuntasan klasikal 53,84%.Sedangkan setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 72,7 dengan ketuntasan klasikalnya 73,07%. Sedangkan tindakan pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 8,19 dengan ketuntasan klasikalnya 88,46%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 026 Balam Jaya Kecamatan Tambang. Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe “Think Pair Share”,Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 07:41 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 07:41 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14037 |
Actions (login required)
View Item |