ZULNIATI (2018) PENGARUH GURU SEBAGAI FASILITATOR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018900PIPS-E.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018900PIPS-E.pdf Download (581kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018900PIPS-E.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018900PIPS-E.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018900PIPS-E.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018900PIPS-E.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018900PIPS-E.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018900PIPS-E.pdf Download (478kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018900PIPS-E.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018900PIPS-E.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018900PIPS-E.pdf Download (311kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guru sebagai fasilitator terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru, penelitian ini dilatar belakangi oleh masih ada siswa yang kurang berkeinginan untuk belajar dan masih ada siswa yang kurang tertarik mengikuti kegiatan belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian ini yaitu di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan objek penelitian adalah pengaruh guru sebagai fasilitator terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 146, dengan sampel sebanyak 107 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa guru sebagai fasilitator pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru dikategorikan baik dengan persentase 78,96% dengan motivasi belajar siswa juga dikategorikan baik dengan persentase 76,455%. Adapun teknik sampel menggunakan teknik stratified rendom sampling. Data yang diperoleh dari hasil angket kemudian di analisis menggunakan teknik analisis kerelasi product moment, untuk menguji hipotesis ini adalah dengan menggunakan regresi linear sederhana dengan nilai korelasi 0,688 (68,8%) dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dan hasil uji hipotesis dengan r hitung > r tabel atau (0,190 <0,688> 0,248). Sumbangan pengaruh guru sebagai fasilitator terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru adalah sebesar 47,3%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar. Kata kunci: Guru Sebagai Fasilitator, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 18 Jun 2019 07:39 |
Last Modified: | 18 Jun 2019 07:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13939 |
Actions (login required)
View Item |