SRI HARYU NINGSIH (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE ISTIQROIYAH DALAM PEMBELAJARAN NAHWU UNTUK MENGUASAI TARKIB IDHOFI (MUDOF DAN MUDOF ILAHI) SISWA MTS PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KUBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. OVER_2018846PBA.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018846PBA.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018846PBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018846PBA.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018846PBA.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018846PBA.pdf Download (938kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018846PBA.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018846PBA.pdf Download (835kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018846PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018846PBA.pdf Download (604kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018846PBA.pdf Download (495kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode istiqroiyah dalam pembelajaran nahwu untuk menguasai tarkib idhofi (Mudof dan Mudof ilahi) Siswa, dengan melihat ada tidaknya perbedaan kemampuan Menguasai Tarkib Idhofi (Mudof dan Mudof ilahi) siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Istiqroiyyah Efektif Dalam Pembelajaran Nahwu Untuk Menguasai Tarkib Idhofi (Mudof dan Mudof ilahi) Siswa MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an Kubang Kabupaten Kampar?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah Siswa MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an Kubang Kabupaten Kampar tahun ajaran 1027/1028, dengan sampel siswa kelas 3 A dan 3 B MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an Kubang Kabupaten Kampar. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas 3 A dan 3 B MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an Kubang Kabupaten Kampar. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemampuan menguasai tarkib idhofi (Mudof dan Mudof ilahi) antara kelas yang menggunakan metode istiqroiyah dengan yang tanpa menggunakan metode istiqroiyah. Karena nilai To = 3. 8 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 21 = 2.72 dan taraf signifikansi %1 = 2.02. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Penggunaan Metode Istiqroiyah Efektif Dalam Pembelajaran Nahwu Untuk Menguasai Tarkib Idhofi (Mudof dan Mudof ilahi) Siswa MTs Pondok Pesantren Darul Qur’an Kubang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Metode Istiqroiyah, Nahwu, Tarkib Idhofi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 03:35 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 03:35 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13835 |
Actions (login required)
View Item |