Ridwan (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN METODE CERAMAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH TAUFIQ WALHIDAYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018842PBA.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018842PBA.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018842PBA.pdf Download (844kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018842PBA.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018842PBA.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018842PBA.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018842PBA.pdf Download (733kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018842PBA.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018842PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018842PBA.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018842PBA.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang dimulai pada tanggal 18 April sampai 26 mei 2018 dengan tujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung dan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran langsung di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Taufiq Wal Hidayah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs dengan jumlah siswa 36 orang, yang dibagi menjadi dua lokal, yakni lokal “A” sebagai (kelas eksperimen dengan jumlah 18 orang) dan lokal “B” sebagai (kelas control dengan jumlah 18 orang) di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Taufiq Wal Hidayah Pekanbaru. Adapun objeknya adalah hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Taufiq Walhidayah Pekanbaru. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah menggunakan test dan observasi, test digunakan untuk mengukur kemampuan hasil belajar siswa, sedangkan observasi digunakan melihat kegiatan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran langsung pada pelajaran bahasa arab. Test tersebut dilaksanakan sebelum menggunakan metode eksperimen ( metode ceramah ) dan sesudah menggunakan metode tersebut, sedangkan observasi dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus : Data analisa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar siswa yang diajar dengan mengunakan strategi pembelajaran langsung (kelas eksperimen) dengan rata-rata=78,89 dan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran langsung ( kelas control) dengan rata-rata=78,62.Melihat dari hasil perbandingan antara kelas eksperimen dan kelas control maka diketahui jumlah nilai To= 2,89 yakni lebih besar dari Tt pada taraf 5%=2,04dan pada taraf 1% =2,75 serta dilihat dari data observasi yang diketahui hasilnya mencapai 81,6% (bagus) karena pada tingkat 65% - 85%. Maka ini berarti hipotesis alternative diterima dan hipotesis nihil ditolak. Kata Kunci: Penerapan, Strategi Pembelajaran Langsung, Metode Ceramah, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 13 Jun 2019 07:30 |
Last Modified: | 13 Jun 2019 07:30 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13791 |
Actions (login required)
View Item |