SYUKRIADI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA YAYASAN PEMBANGUNAN UMAT ISLAM (YPUI) TERATAK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COPER_2018788PBA.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018788PBA.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018788PBA.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018788PBA.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018788PBA.pdf Download (495kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018788PBA.pdf Download (688kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018788PBA.pdf Download (795kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018788PBA.pdf Download (746kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018788PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018788PBA.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018788PBA.pdf Download (639kB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment non equivalen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi belajar kelompok untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Pembangunan Umat Islam (YPUI)Teratak Kabupaten Kampar.Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti) dan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Pembangunan Umat Islam Teratak, dan objeknya adalah Penggunaan strategi belajar kelompok untuk meningkatkan keterampilan membaca pada mata pelajaran bahasa arab. Didalam penelitian ini instrumen pengumpulan data nya adalah Observasi dan test. Observasi dilakukan setiap kali pertemuan pada proses pembelajaran experiment. Dan test dilaksanakan sebelum dan sesudah menggunakan strategi belajar kelompok. Populasi penelitian ini sebanyak 36 siswa, terdiri dari kelas experimen 18 siswa dan kelas kontrol 18 siswa.Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan strategi belajar kelompok dengan tanpa menggunakan strategi belajar kelompok. Karena dari hasil observasi diperoleh persentase 91 % dengan kategori “Baik Sekali” karena terletak pada interval 76 % - 100 %. Dari hasil t-test diperoleh nilai To= 4,83 yang berarti lebih besar dari “T” table pada taraf signifikan 1 %= 2,65 dan taraf signifikan 5 %= 2,00. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil observasi dan t-test (To), ini berarti bahwa strategi belajar kelompok efektif atau berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Tsanawiyah Swasta Yayasan Pembangunan Umat Islam(YPUI) Teratak Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Belajar Kelompok, Keterampilan Membaca.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 29 May 2019 07:26 |
Last Modified: | 29 May 2019 07:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13555 |
Actions (login required)
View Item |