YULIA ANITA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THE LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 BATU BERSURAT KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018755PGMI.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018755PGMI.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018755PGMI.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018755PGMI.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018755PGMI.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018755PGMI.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018755PGMI.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018755PGMI.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018755PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018755PGMI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018755PGMI.pdf Download (383kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas V melalui model pembelajaran The Learning Cell. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa diantaranya, sebagian siswa tidak mengerjakan tugas sekolah yang diberikan guru, sebagian siswa kurang memperhatikan guru saat menejelaskan materi pembelajaran, ketika guru memberikan pertanyaan sebagian siswa kurang memberikan respon. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran The Learning Cell dan motivasi belajar. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi.Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa model pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dapat diketahui dari motivasi belajar siswa sebelum tindakan hanya45,1% dengan kategori “Sangat Rendah”. Kemudian setelah diadakan tindakan pada siklus I,motivasi belajar siswa meningkat dengan rata-rata 62,8% berada pada kategori “Cukup Tinggi”. Pada siklus II, motivasi belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 78,8% berada pada kategori “Tinggi”Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran The Learning Cell dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelasV SekolahDasar Negeri 003 Batu Bersurat Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci:The Learning Cell, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:53 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:53 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13459 |
Actions (login required)
View Item |