INFRA ESYTIAYURISNA (2018) PENERAPAN TEKNIK STOP PAUSE START UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 028 PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018719PGMI.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018719PGMI.pdf Download (475kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018719PGMI.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018719PGMI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018719PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018719PGMI.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018719PGMI.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018719PGMI.pdf Download (551kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018719PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018719PGMI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018719PGMI.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan teknik stop, pause, start di Kelas IV Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan madrasah yaitu 65. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek adalah penerapan teknik stop, pause, start dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklusterdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitiandan analisis data menujukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapainilai rata-rata 64 atau tergolong “Kurang”, dengan ketuntasan klasikal 50,00%.Kemudian setelah menerapkan teknik stop, pause, start pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 70,50 atau tergolong “Cukup”, dengan ketuntasan klasikal 70,00%. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 74,25atau tergolong “Baik”, dengan ketuntasan klasikal 80,00%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik stop, pause, start dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Muhammadiyah 028 Penyasawan Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Teknik Stop Pause Start, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 May 2019 02:55 |
Last Modified: | 27 May 2019 02:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13405 |
Actions (login required)
View Item |