YURI DIANA RATU (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 010 DESA PULAU DERAS KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018686PGMI.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018686PGMI.pdf Download (562kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018686PGMI.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018686PGMI.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018686PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018686PGMI.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018686PGMI.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018686PGMI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018686PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (833kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018686PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018686PGMI.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan Model Pembelajaran Inside-Outside-Circle dikelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Desa Pulau Deras Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Desa Pulau Deras Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 010 Desa Pulau Deras Kecamatan Pangean Kabupaten Kuantan Singingi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Inside-Outside-Circle dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside-Outside-Circle dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 57,93% dengan kategori “kurang baik”. Setelah dilakukan siklus I, hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi rata-rata 67,68% dengan kategori “kurang”. Setelah dilakukan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjadi rata-rata 87,5% dengan kategori “amat baik”. Kata Kunci: Model Inside-Outside-Circle, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 24 May 2019 04:07 |
Last Modified: | 06 Jul 2019 07:56 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13362 |
Actions (login required)
View Item |