SELVI SULASTRI (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018592PGMI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018592PGMI.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018592PGMI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018592PGMI.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018592PGMI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018592PGMI.pdf Download (610kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018592PGMI.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018592PGMI.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018592PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018592PGMI.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018592PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengethui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan strategi Beyond Center and Circle Time di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa. Hal ini terlihat dari kurangnya aktivitas belajar siswa seperti bertanya atau memberikan pendapat, siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalahpenerapan strategi Beyond Center and Circle Time dan Aktivitas Belajar Siswa. Penelitian i ni dilakukan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisa data guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data, maka dapat disimpulkan bahawa strategi Beyond Center And Circle Time dapat meningkatan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai 63% dengan kategori “Cukup”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I Aktivitas Beljar Siswa Meningkat menjadi 67% dengan kategori “Cukup”. Sedangkan pada siklus II Aktivitas Belajar Siswa mencapai 76,3% dengan kategori “Baik”. Dengan demikian, dapat disimpilkan bahwa penerapan strategi Beyond Center And Circle Time dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata kunci : Penerapan strategi Beyond Center and Circle Time, Aktivitas Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 May 2019 02:58 |
Last Modified: | 21 May 2019 04:38 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13196 |
Actions (login required)
View Item |