Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA SMP NEGERI 8 PEKANBARU

RATNA SARI DEWI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI KUBUS DAN BALOK UNTUK SISWA SMP NEGERI 8 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018545PMT.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018545PMT.pdf

Download (923kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018545PMT.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018545PMT.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018545PMT.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018545PMT.pdf

Download (670kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018545PMT.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018545PMT.pdf

Download (746kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018545PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018545PMT.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018545PMT.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang belum maksimal pada materi kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan Brain Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi belajar siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMP Negeri 8 Pekanbaru dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan media pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa SMP Negeri 8 Pekanbaru. Sampel penelitian adalah kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket/lembar penilaian dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,14%) dan sangat praktis untuk kelompok kecil (88,57%) dan untuk kelompok besar (86,31%). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh sebesar 2,055 dengan dk=58 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dengan nilai rata-rata postes 80,43 dan siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata postes 79,10. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning ini valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Brain Based Learning, Kubus dan Balok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 May 2019 03:38
Last Modified: 02 May 2019 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item