NURIKHLAS (2018) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DIMADRASAH ALIYAH NEGERI 01 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018528PAI.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018528PAI.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018528PAI.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018528PAI.pdf Download (375kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018528PAI.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018528PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018528PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018528PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018528PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018528PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018528PAI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Motivasi adalah dorongan dari dalam diri individu untuk melakukan aktivitas-aktivitas guna mencapai suatu tujuan. Sedangkan motivasi belajar adalah suatu dorongan yang timbul dari dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar dan mengarahkan aktifitas siswa untuk belajar sehingga tujuan yang dikehendaki siswa tercapai. Prestasi belajar adalah hasil suatu proses aktivitas belajar yang membawa perubahan tingkah laku pada diri siswa tersebut. Perubahan tersebut meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap, kemudian aspek-aspek tersebut dievaluasikan dan aktualisasikan dalam angka atau skor yang dapat dilihat dalam buku rapor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kampar. penelitian ini terdapat dua variabel yang diteliti. Variabel independent yaitu motivasi belajar dan variabel dependent yaitu prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sedangkan objeknya adalah hubungan motivasi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kampar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau angket yang bersifat tertutup dan dokumentasi sekolah. Sedangkan teknik analisis data korelasi antar variabel menggunakan teknik Product moment. Berdasarkan penelitian, penulis memperoleh kesimpulan akhir bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada bidang studi mata pelajaran Fikih. Hal itu diketahui dari koefisien korelasi variabel motivasi dengan prestasi belajar Fikih sebesar 0.73 lebih besar dari pada taraf signifikan 5% 0.288 dan 1% 0.372. dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 01 Kampar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 May 2019 02:40 |
Last Modified: | 02 May 2019 02:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13017 |
Actions (login required)
View Item |