Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

NUR IZZATI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018521PK.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018521PK.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018521PK.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018521PK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018521PK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018521PK.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018521PK.pdf

Download (650kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018521PK.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018521PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018521PK.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018521PK.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI Sains MA Darul Hikmah Pekanbaru yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan diikuti juga oleh keunggulan dari model pembelajaran Guided Discovery Learning (pembelajaran penemuan terbimbing) yang dibantu dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah (MA) Darul Hikmah Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI Sains 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Sains 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pretest dan posttest kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 4,233 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar dengan pengaruh sebesar 23,9%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery learning ini yang dibantu dengan pendekatan kontekstual memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Kesetimbangan Kimia di kelas XI Sains MA (Madrasah Aliyah) Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 May 2019 02:17
Last Modified: 02 May 2019 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13008

Actions (login required)

View Item View Item