IMAN HIDAYAT (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018513PGMI.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018513PGMI.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018513PGMI.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018513PGMI.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018513PGMI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018513PGMI.pdf Download (675kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018513PGMI.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018513PGMI.pdf Download (664kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018513PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018513PGMI.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018513PGMI.pdf Download (466kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas dan tingak praktikalitas lembar kerja siswa berbasis pendekatan realistic mathematic education dan mendeskripsikan tingkat pemecahan masalah siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih rendah, serta lembar kerja siswa yang digunakan kurang mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa dan belum dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development and Disseminate). Subjek penelitian adalah 29 siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah IV Pekanbaru kelas III tahun ajaran 2017/2018 dan objek penelitian ini adalah lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan realistic mathematic education. Data yang diambil dari pengemabangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan realistic mathematic education ini adalah data primer, yaitu teknik pengumpulan data yang diperoleh langsung dari wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa instrumen studi lapangan, instrumen uji validitas, instrumen uji praktikalitas dan instrumen soal pretest dan postest kemampuan pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deksriptif kualitatif dan deksriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa tingkat validitas lembar kerja siswa valid dengan persentase 85,4% dan sudah layak diujicobakan. Setelah diuji coba, tingkat praktikalitasnya dikategorikan sangat praktis dengan persentase 93,1% . Kemudian hasil analisis tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa secara umum dikategorikan tinggi dengan persentase 84,8%, artinya siswa telah mampu menyelesaikan masalah secara keseluruhan. Kata Kunci : Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Realistic Mathematic Education, Kemampuan Pemecahan Masalah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 08:52 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 08:52 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12999 |
Actions (login required)
View Item |