DWI PANJI AS’ARI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018507PAI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018507PAI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018507PAI.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018507PAI.pdf Download (467kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018507PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018507PAI.pdf Download (425kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018507PAI.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018507PAI.pdf Download (520kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018507PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018507PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018507PAI.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Jenis penelitian adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 291 orang. Penelitian ini, mengambil sampel 20% dengan jumlah 58 siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa kela VIII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Pekanbaru. Hasil ini berdasarkan nilai sig (0,000 < 0,05) lebih kecil dari probabilitas 0,05. nilai r hitung > r tabel (0,266 < 0,658 > 0,345). Besar sumbangan pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 43,31%, sedangkan sisanya 56,69% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci: Penerapan Metode Discovery Learning, Motivasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 08:21 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 08:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12989 |
Actions (login required)
View Item |