Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SLOW LEARNER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BINA PROFESI PEKANBARU

GUSRI WAHYUNI (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SLOW LEARNER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BINA PROFESI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018368KI.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018368KI.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018368KI.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018368KI.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018368KI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018368KI.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018368KI.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018368KI.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018368KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018368KI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018368KI.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui prestasi belajar siswa Slow Learner sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok. Populasi Penelitian ini seluruh siswa SMK Bina Profesi Pekanbaru sebanyak 104 siswa namun penelitian ini dilakukan secara sampel kepada 10 siswa Slow Learner yang mengalami masalah prestasi belajar. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Uji Validitas data menggunakan SPSS For Windows Release 17.00. adapun untuk Analisis data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah Uji Wilcoxon’s, karena datanya berskala ordinal (berjenjang) dan tidak harus berdistribusi normal. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa prestasi belajar siswa Slow Learner sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada dikategori sedang dengan rata-rata 60.9 dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok prestasi belajar siswa Slow Learner mengalami peningkatan menjadi kategori menjadi kategori timggi dengan rata-rata 81.0, maka dapat dikatakan adanya perbedaan Pre-test dan Post-test. Jadi dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Slow Learner yang dilihat dari angka probalita Asyimp. Sig (2-tailed) 0.005<0.05 sehingga Ha diterima. Kata Kunci: Efektivitas, Layanan Bimbingan Kelompok, Prestasi Belajar, dan Slow Learner

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 Apr 2019 04:27
Last Modified: 23 Apr 2019 04:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12796

Actions (login required)

View Item View Item