AISYIAH DELANI (2018) PENGARUH PENGGUNAAN REINFORCEMENT POSITIF OLEH GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018349PAI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018349PAI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018349PAI.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018349PAI.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018349PAI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018349PAI.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018349PAI.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018349PAI.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018349PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018349PAI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018349PAI.pdf Download (268kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan reinforcement positif oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan reinforcement positif oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten kampar. Jenis penelitian yaitu penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah 420 siswa. Sampel penelitian 20% atau 84 siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 16.0 for Windows. Berdasarkan analisis diperoleh koefisian korelasi sebesar 0,481 dan kualitas pengaruhnya adalah sedang atau cukup. Nilai probabilitas 0.000,nilai 0,000< 0.05 maka Ha diterima H0 ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan reinforcement positif oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Besar pengaruh penggunaan reinforcementpositif oleh guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar adalah 23,2%. Sedangkan sisanya 76,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci: Reinforcement positif, motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 08:03 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 08:03 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12748 |
Actions (login required)
View Item |