Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKEA-MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS XI MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU

UCI WULANDARI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKEA-MATCH TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS XI MIPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018324PK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018324PK.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018324PK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018324PK.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018324PK.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018324PK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018324PK.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018324PK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018324PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018324PK.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018324PK.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Make A-Match terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI MIPA 2 (eksperimen) dan kelas XI MIPA 4 (kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pengaruh penerapan model pembelajaran Make A-Match dilihat dari hasil analisis statistik deskriptif rata-rata persentase aktivitas kelas eksperimen sebesar 65,53% sedangkan kelas kontrol persentase sebesar 53,01% dengan range yang sama yaitu cukup baik, dan dapat dilihat hasil rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol selain itu dapat dilihat dari statistik inferensial menggunakan uji Mann-Whitney dengan hasil rata-rata nilai lembar observasi setiap pertemuan didapatkan Zhitung = 4,08 sedangkan Ztabel pada taraf signifikan 5% = 1,96, nilai Zhitung>Ztabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Make A-Match terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas XI MIPA Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Kata Kunci: Make A-Match, Aktivitas Belajar, Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:36
Last Modified: 08 Apr 2019 07:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12707

Actions (login required)

View Item View Item