RINI ANDRIANI (2018) EFEKTIFITAS PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING MAKE A MATCH DENGAN METODE INTIQOIYAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018276PBA.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018276PBA.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018276PBA.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERSEMBAHAN_2018276PBA.pdf Download (591kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018276PBA.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018276PBA.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018276PBA.pdf Download (911kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018276PBA.pdf Download (820kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018276PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018276PBA.pdf Download (737kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018276PBA.pdf Download (716kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan Strategi Cooperative Learning Make A Match dengan Metode Intiqoiyah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab, dengan melihat ada tidaknya peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan Strategi Cooperative Learning Make A Match dengan Metode Intiqoiyah efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri 1Indragiri Hilir ?”. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir, sedangkan objeknya adalah Strategi Cooperative Learning Make A Match dengan Metode Intiqoiyah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri 1Indragiri Hilir . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Negeri 1Indragiri Hilir Tahun Ajaran 2016/2017 dan sampelnya adalah siswa kelas 10 MS 1 dan 10 MS 2. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisa data observasi dan angket digunakan rumus: Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Arab antara kelas yang menerapkan Strategi Cooperative Learning Make A Match dengan Metode Intiqoiyah dan dengan yang tidak menerapkan Strategi Cooperative Learning Make A Match. Karena nilai To = 0 , lebih kecil dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2, 396 dan taraf signifikansi 5% = 1,671. ini berarti bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Dengan kata lain penerapan Strategi Cooperative Learning Make A Match tidak efektif untuk meningkatkan Motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah Negeri1 Indragiri Hilir . Kata Kunci : Efektivitas, Strategi Cooperative Learning Make A Match dan Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 02:33 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 02:33 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12624 |
Actions (login required)
View Item |