Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI MASALAH KEBERAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU

Saupi Kalbina (2010) PERANAN GURU PEMBIMBING DALAM MENGATASI MASALAH KEBERAGAMAAN SISWA DI SMA NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010374KI.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui masalah keberagamaan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru (2) mengetahui peran guru pembimbing dalam mengatasi masalah keberagamaan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru pembimbing di SMA Negeri 12 Pekanbaru dan obyeknya adalah masalah keberagamaan siswa di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik penyebaran angket, dan wawancara. Data wawancara dianalisa dengan kualitatif dan data angket dianalisa dengan teknik kuantitaf kemudian disimpulkan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang tergolong bermasalah dalam keberagamaan (88,05%) sedangkan sangat bermasalah sebanyak (11,94%). Aspek-aspek permasalahan yang di alami siswa (a) siswa belum menjalankan ibadah seperti yang diharapkan, (100%) menyatakan bahwa siswa melaksanakan shalat tidak tepat waktu, (b) siswa kurang menyukai pembicaraan dan acara tentang agama, (93%) menyatakan bahwa siswa mengikuti acara keagamaan dengan terpaksa, (c) siswa mengalami kesulitan dalam mendalami agama, (94%) menyatakan bahwa siswa belum memiliki pengetahuan yang luas tentang agama, (d) siswa tidak mampu menjalankan tuntutan agama, (91%) menyatakan siswa kurang taat dalam menjalankan ibadah, (e) siswa yang mempunyai pandangan yang tidak sesuai dengan kaidah-kaidah agama, (61%) menyatakan bahwa siswa malu karenan kawan mengejek sok alim apabila saya melaksanakan shalat, Peranan guru pembimbing dalam mengatasi masalah keberagamaan siswa, ini dapat dilihat guru pembimbing untuk mengetahui jenis masalah keberagamaan siswa hanya dari guru agama, pengamatan, observasi, dan laporan dari guru agama. Dan peran guru pembimbing untuk terhadap siswa yang mempunyai masalah keberagamaan siswa hanya memberikan pemahaman. Layanan yang di gunakan yaitu layanan informasi, layanan orientasi, dan bimbimbngan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 04 Oct 2017 01:12
Last Modified: 04 Oct 2017 01:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item