Desi Rindi Antika (2010) PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI GURU PEMBIMBING DI SMA NEGERI 1 KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010344KI.pdf Download (740kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kompetensi guru pembimbing dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Adapun lokasi penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Alasan penelitian di lokasi ini karena di lokasi ini peneliti menemukan permasalahan yang akan diteliti yang sesuai dengan judul penelitian. Adapun waktu penelitian ini adalah selama 3 bulan yaitu dari tanggal Mei 2010 sampai dengan Juli 2010. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 64 orang di SMA Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar dan guru pembimbing sebanyak 4 orang. Penelitian dilakukan dengan teknik angket dan wawancara. Maka bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisa penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru pembimbing di SMA Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar dari 8 indikator persepsi yang telah dipaparkan yaitu pada aspek penguasaan konsep dan praksis pendidikan tergolong baik dengan rata-rata 94,79%. Pada aspek kesadaran dan komitmen etika profesional tergolong baik dengan rata-rata 78,13%.pada aspek penguasaan konsep perilaku dan perkembangan individu tergolong cukup baik dengan rata-rata 72,92%. Aspek penguasaan konsep dan praksis asesmen tergolong baik dengan rata-rata 76,04%.Penguasaan konsep dan praksis bimbingan dan konseling tergolong baik dengan rata-rata 83,33%. Aspek pengelolaan program bimbingan dan konseling tergolong baik dengan rata-rata 84,90%. Sedangkan pada aspek penguasaan konsep dan praksis riset dalam bimbingan dan konseling tergolong baik dengan rata-rata 78,13%.Dengan demikian dapat diartinya bahwa persepsi siswa terhadap kompetensi guru pembimbing di SMA Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 03 Oct 2017 04:54 |
Last Modified: | 03 Oct 2017 04:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11472 |
Actions (login required)
View Item |