Siska Puspita Handayani (2010) UPAYA GURU BIMBINGAN DALAM MENGEMBANGKAN MORAL AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 20 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010165KI.pdf Download (411kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui upaya guru bimbingan dalam mengembangkan moral akademik siswa kelas VII di SMP Negeri 20 Pekanbaru dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan informasi dalam mengembangkan moral akademik siswa kelas VII yang dilaksanakan oleh guru bimbingan di SMP Negeri 20 Pekanbaru Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek penelitian adalah 5 orang guru pembimbing dan siswa kelas VII sebanyak 85 orang siswa yang telah mengikuti layanan informasi di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah upaya guru bimbingan dalam mengembangkan moral akademik siswa di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik angket dan wawancara. Data angket dianalisa dengan teknik kuantitatif kemudian disimpulkan secara kualitatif dan data wawancara dianalisa dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan upaya guru bimbingan dalam mengembangkan moral akademik siswa dapat dilihat dari pemberian topik yang sudah berkaitan dengan mengembangkan moral akademik siswa, menciptakan komunikasi terhadap siswa dengan baik, menciptakan suasana lingkungan yang serasi dan bentuk kerjasama yang di lakukan di dalam dan di luar sekolah untuk mengembangkan moral akademik siswa sudah cukup terjalin dengan baik. Dan untuk mendukung data di atas dapat diperoleh secara keseluruhan penyajian angket kepada siswa dapat diperoleh “Sering” dengan persentase 56.39% dan “Kadang-kadang” dengan persentase 38.90% sedangkan “Tidak Pernah” dengan persentase 3.65%. Ini berarti upaya yang dilakukan tergolong “cukup baik”. Temuan Mengenai Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan informasi dalam mengembangkan moral akademik siswa yang dilaksanakan oleh guru bimbingan yaitu : a. Faktor Intren yaitu yang timbul dari dalam diri guru bimbingan itu sendiri seperti, dari segi latarbelakang pendidikan guru bimbingan yang beragam, dan pengetahuan guru bimbingan. b. Faktor Ekstern yaitu yang berasal dari luar guru bimbingan seperti, kemampuan guru bimbingan dalam pemberian materi, siswa yang berperan aktif, dan faktor sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Arif |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 04:05 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 04:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/11428 |
Actions (login required)
View Item |