Zulfiana Irzawati (2010) SUMBER BELAJAR DAN MANFAATNYA MENURUT PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010199PAI.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Sumber pokok pengajaran Agama Islam adalah Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kedudukan Al-Qur’an sebagai sumber belajar yang paling utama dijelaskan oleh Allah dalam Al-Qur’an surah An-Nahl: 64 dan surah As-Shad: 29. Selain sumber belajar utama di atas ada sumber belajar lainnya seperti:guru, buku/perpustakaan, lingkungan dan sebagainya. Maka, dalam penelitian ini penulis ingin melihat sumber belajar menurut perspektif Al-Qur’an, dengan menggunakan langkah-langkah metode tematik atau maudhu’iy sebagai berikut : 1. Menetapkan tema masalah yang akan dibahas, 2. Menentukan kata kunci mengenai permasalahan itu dan padanannya dalam Al-Qur’an, 3. Mengumpulkan ayat-ayat yang berkaitan dengan tema, 4. Menyusun ayat-ayat berdasarkan kronologis turunnya (jika memungkinkan), 5. Menjelaskan maksud ayat-ayat tersebut berdasarkan penjelasan ayat yang lain, dan melengakapi uraian dengan hadits bila dipandang perlu, 6. Membuat suatu kesimpulan tentang jawaban permasalahan yang terkandung dalam topik yang dibahas. Berdasarkan analisa yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa sumber belajar menurut perspektif Al-Qur’an tergambar pada surah Al-Baqarah ayat 31 dengan kata al-Asma’ yang berarti nama-nama (benda). Ayat ini menginformasikan bahwa manusia dianugerahkan Allah SWT potensi untuk mengetahui nama atau fungsi dan karakteristik benda-benda, misalnya fungsi api, fungsi angin dan sebagainya. Dia juga dianugerahi potensi untuk berbahasa. Sistem pengajaran bahasa kepada manusia bukan dimulai dengan mengajarkan kata kerja, tetapi mengajarnya terlebih dahulu nama-nama (benda). Seperti ini pena, ini buku dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | eva sartika |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 02:05 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 02:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10948 |
Actions (login required)
View Item |