Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP ETIKA PERSAINGAN PADA PERCETAKAN UNDANGAN DI KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU

Yuli Fauziah (2013) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP ETIKA PERSAINGAN PADA PERCETAKAN UNDANGAN DI KECAMATAN SUKAJADI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013339EI.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul, Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Etika Persaingan Pada Percetakan Undangan di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Masalah dalam penelitian ini adalah persaingan harga, di karenakan usaha yang sejenis yang menyebabkan terjadinya ketatnya persaingan setelah usaha ini berjalan pengusaha mengadakan perkumpulan dan bermusyawarah untuk menetapkan harga yang akan diberikan kepada konsumen akan tetapi sebagian pengusaha percetakan undangan berani memberikan harga dibawah harga yang telah ditetapkan, ada kesepakatan antara pengusaha untuk memberikan penetapan harga. Bukan hanya memberikan harga dibawah harga yang telah ditetapkan terkadang pengusaha lambat dalam menyelesaikan pesanan undangan konsumen, sehingga konsumen harus memberikan pengusaha waktu untuk cepat menyelesaikannya. Penelitian ini di latar belakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui bagaimana bentuk dan etika persaingan pada percetakan undangan di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Pokok masalah yang diteliti adalah Bagaimana bentuk dan etika persaingan pada percetakan undangan di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru, dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap etika persaingan pada percetakan undangan di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan yaitu di Percetakan Undangan di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh unit usaha percetakan undangan yang berada di Kecamatan Sukajadi Pekanbaru yang berjumlah 69 unit usaha. Sedangkan sebagai sampelnya penulis mengambil 30% atau 21 unit usaha percetakan undangan dengan menggunakan Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak, dimana setiap populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Untuk mendapatkan data yang lebih valid penulis menggunakan data dari konsumen maka penulis mengambil 19 orang konsumen dengan menggunakan Insidental Sampling yaitu siapa saja yang bertemu dengan penulis dapat digunakan sebagai sampel bila dipandang orang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Jumlah seluruhnya menjadi 40 sampel. Penulis menggunakan analisa Deskriptif Kualitatif, yaitu data-data yang dikumpulkan kemudian diuraikan, menganalisis data yang bersifat penjelasan atau penguraian data dan informasi yang kemudian dikaitkan dengan teori dan ii konsep-konsep yang mendukung pembahasan yang relevan kemudian diperoleh kesimpulan. Setelah mengadakan penelitian dengan mengumpulkan dan menganalisa data penulis dapat menyimpulkan bahwa bentuk etika persaingan pada percetakan undangan yaitu persaingan harga dimana pengusaha memberikan harga dibawah harga yang telah ditetapkan hal ini dikarenakan persaingan usaha yang sangat ketat sehingga membuat pengusaha mempunyai cara tersendiri untuk mendapatkan konsumen. Etika persaingan pada percetakan undangan yaitu dalam penyerahan pesanan terkadang sebagian pengusaha lambat dalam menyelesaikan undangan sehingga dalam penyerahan undangan tidak tepat pada waktunya. Bentuk dan etika persaingan pada percetakan undangan tidak sesuai syariat Islam karena pengusaha memberikan harga dibawah harga yang telah ditetapkan, dapat merugikan salah satu pihak dan etika persaingan pada percetakan undangan pengusaha tidak menepati janji kepada konsumen di karenakan banyaknya pesanan yang diterima pengusaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 13:37
Last Modified: 19 Dec 2016 13:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10006

Actions (login required)

View Item View Item