Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KREATIVITAS PENGEMBANGAN PRODUK BATIK OLEH DEWAN KERAJINAN NASIONAL DAERAH (DEKRANASDA) RIAU DALAM MENGUASAI PANGSA PASAR MENURUT EKONOMI ISLAM

Nur Aida (2013) KREATIVITAS PENGEMBANGAN PRODUK BATIK OLEH DEWAN KERAJINAN NASIONAL DAERAH (DEKRANASDA) RIAU DALAM MENGUASAI PANGSA PASAR MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013319EI.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan produk batik saat ini, sehingga semakin ketat pula persaingan produk batik di pasaran. Karena banyaknya produk-produk batik dari berbagai daerah seperti Batik Solo, Batik Palembang, Jambi, dan lain-lain dengan berbagai variasi dan inovasi yang menarik perhatian konsumen di pasar. Sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian bagaimana upaya pengembangan produk batik Riau oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Riau dalam menguasai pangsa pasar menurut ekonomi Islam dalam menghadapi persaingan di pasar saat ini. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya Dekranasda dalam pengembangan produk batik Riau dalam menguasai pangsa pasar, faktor-faktor apa saja yang menjadi kendala Dekranasda dalam pengembangan produk batik Riau dalam menguasai pangsa pasar, dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap pengembangan produk batik Riau oleh Dekranasda dalam menguasai pangsa pasar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 orang yang terdiri dari pimpinan dan pengurus Dekranasda Riau yang berjumlah 18 orang serta karyawan batik yang berjumlah 15 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, yaitu semua populasi dijadikan sebagai sampel. Data diambil dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yaitu data yang diperoleh langsung melalui wawancara dari pimpinan, pengurus dan karyawan batik serta dokumentasi Dekranasda Riau. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari perpustakaan dengan cara menelaah isi buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti dan pihak-pihak yang terkait seperti mentri perindustrian dan perdagangaan dan menteri pariwisata dan budaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi (arsip) yang kemudian dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu setelah semua data telah berhasil penulis kumpulkan, maka penulis menjelaskan secara terperinci dan sistematis sehingga dapat tergambar secara utuh dan dipahami secara jelas kesimpulan akhirnya. Setelah melakukan penelitian diperoleh hasil bahwa upaya yang dilakukan Dekranasda dalam pengembangan produk batik Riau dalam menguasai pangsa pasar adalah meningkatkan kualitas produksi, meningkatkan kualitas bahan baku, meningkatkan proses pembuatan batik dan meningkatkan pemasran produk batik Riau. Kendala yang dihadapi Dekranasda dalam pengembangan produk batik Riau antara lain terbatasnya tenaga kerja, teknologi, bahan baku masih susah didapat, harga tinggi, kurangnya promosi, persainagan di pasar serta kurangnya analisis terhadap pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 13:21
Last Modified: 19 Dec 2016 13:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9985

Actions (login required)

View Item View Item