PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Riyani Pratiwi, (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201192.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VIII SMPN 2 Tambang Kabupaten Kampar. Rumusan masalahnya adalah “Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VIII SMPN 2 Tambang Kabupaten Kampar?” Bentuk penelitian yang dilaksanakan adalah PTK. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIB SMPN 2 Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 25 orang, yaitu 12 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Sedangkan objek penelitian adalah kemampuan komunikasi matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari kemampuan komunikasi matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes kemampuan komunikasi matematika peserta didik sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 25 peserta didik yaitu 6 peserta didik tuntas dan 19 peserta didik belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 24%. Sedangkan hasil tes kemampuan komunikasi matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual yaitu 20 peserta didik tuntas, dan 5 peserta didik belum tuntas dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 80%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika peserta didik kelas VIII SMPN 2 Tambang Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 09:10
Last Modified: 14 Jan 2016 09:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item