PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Noperman Efendi, (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201187.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar metematika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Peningkatan Motivasi Belajar Metematika Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar pada pokok Bahasan Turunan Fungsi melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing ” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tambang yang berjumlah 34 orang dan objek penelitian ini adalah Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Siswa melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi belajar matematika, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing dan tiga pertemuan lagi menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator motivasi belajar siswa sebelum tindakan dengan sesudah tindakan dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing Berdasarkan hasil analisis data dari observasi didapat data sebelum tindakan = 0%, dan setelah tindakan diperoleh data pada siklus I = 50%, siklus II= 70%, dan siklus III = 90%. Analisis ketuntasan tiap indikator diperoleh data sebagai berikut : rata-rata ketuntasan perindikator sebelum tindakan dan siklus III yaitu : indikator 1 = (72,5%), (97,0%), indikator 2 = (53,5%), (92,3%), indikator 3 = (47,1%), (91,2%), indikator 4 = (51,9%), (83,3%), indikator 5 = (50,0%), (85,3%), indikator 6 = (67,6%), (91,2%), indikator 7 = (46,5%), (73,5%) indikator 8 = (61,7%), (94,1%), indikator 9 = (65,6%), (98,0%) dan indikator 10 = (67,8%), (95,0%). Diambil kesimpulan yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Aktive Knowledge Sharing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:41
Last Modified: 14 Jan 2016 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/996

Actions (login required)

View Item View Item