PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 TAPUNG HULU

Rofi Hidayati, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 TAPUNG HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201186.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tapung Hulu setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan segitiga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tapung Hulu setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan segitiga? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu pendidik berperan langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.B SMP Negeri 2 Tapung Hulu Tahun Ajaran 2009/2010 yang berjumlah 30 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 3 kali yaitu satu kali pertemuan tanpa tindakan dan 2 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik, maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar peserta didik sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut, dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, dan siklus II berturut-turut diperoleh (0% ; 10% ; 86,7%) peserta didik yang mencapai ≥70,5%. Masing-masing indikator pada pratindakan dan siklus II berturut-turut diperoleh indikator 1 = (39,3% ; 71,3%), indikator 2 = (24,0% ; 72,7%), indikator 3 = (30,7% ; 84%), indikator 4 = (40,0% ; 82,0%), indikator 5 = (71,3% ; 78,7%), indikator 6 = (42,0% ; 80,7%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Tapung Hulu terjadi pada proses pembelajaran siklus I dan siklus II yaitu setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan segitiga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:40
Last Modified: 14 Jan 2016 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/995

Actions (login required)

View Item View Item