STRATEGI PEMASARAN USAHA BATU ALAM DI KELURAHAN SIDOMULYO TIMUR KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

M. Rasyid.S, (2013) STRATEGI PEMASARAN USAHA BATU ALAM DI KELURAHAN SIDOMULYO TIMUR KECAMATAN MARPOYAN DAMAI PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013271EI.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Pemasaran Usaha Batu Alam di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan penulis pada usaha batu alam tepatnya beralamat di Jl. Arifin Ahmad di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Adapun yang memotivasi dan mendasari penulis meneliti di lokasi ini karena tingginya frekuensi penjualan batu alam dari waktu ke waktu disebabkan naiknya permintaan konsumen. Di sisi lain, banyak usaha batu alam yang ada di Pekanbaru khususnya di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai terus bertambah dari waktu kewaktu untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun seiringan pertumbuhan ada juga usaha batu alam ini yang mengalami kemunduran (kebangkrutan). Atas dasar inilah penulis menetapkan rumusan masalah ialah (1) Bagaimana strategi pemasaran usaha batu alam di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru dan (2) Bagaimana strategi pemasaran usaha batu alam di Kelurahan Sidomulyo Timur Pekanbaru menurut perspektif ekonomi Islam. Populasi dari penelitian ini adalah 38 orang. Jadi mengingat populasi sedikit maka penulis mengunakan total sampling untuk pengambilan data. Sedangkan metode pengambilan data menggunakan, observasi, wawancara dan angket di lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Data primer adalah data yang diproleh langsung dari para pedagang dan karyawan. Sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari berbagai buku yang ada kaitannya dengan masalah ini serta informasi yang berhubungan dengan judul yang diteliti. Penulis menggunakan analisa data deskriptif kualitatif, metode penulisan ini berupa deskriptif. x Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis di lapangan, bahwa strategi yang dilakukan oleh pedagang usaha batu alam di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru sudah cukup memenuhi unsur-unsur yang digunakan dalam strategi pemasaran seperti meliputi strategi harga dan promosi namun kurang memadai dan optimal. Adapun kegiatan pemasaran usaha batu alam di Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru dari segi penetapan harga tidak sesuai dengan ekonomi Islam. Para pedagang ini ketika memasarkan produknya kepada konsumen menetapkan harga jual dibawah harga pasaran yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 12:41
Last Modified: 19 Dec 2016 12:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9943

Actions (login required)

View Item View Item