PERILAKU PERSAINGAN ANTAR PENGUSAHA REKLAME MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Reklame di Jalan Pangeran Hidayat Kota Pekanbaru)

Een Putri Masyuri, (2013) PERILAKU PERSAINGAN ANTAR PENGUSAHA REKLAME MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Usaha Reklame di Jalan Pangeran Hidayat Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2013_2013261EI.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku persaingan antar pengusaha reklame, apa faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam menghadapi persaingan usaha reklame dan bagaimana tinjauan Ekonomi Islam tentang perilaku persaingan antar pengusaha reklame di Jalan Pangeran Hidayat Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada usaha reklame di Jalan Pangeran Hidayat Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perilaku persaingan antar pengusaha reklame, faktor pendorong dan penghambat dalam menghadapi persaingan usaha reklame dan tinjauan Ekonomi Islam tentang perilaku persaingan antar pengusaha reklame di Jalan Pangeran Hidayat tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan studi pustaka. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pemilik usaha reklame di Jalan Pangeran Hidayat sebanyak 32 pengusaha dan penulis mengambil sampel sebanyak 32 pengusaha dengan menggunakan teknik Total Sampling. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perilaku persaingan antar pengusaha reklame yaitu dalam bentuk persaingan produk, persaingan harga, persaingan dalam bentuk pelayanan dan persaingan dalam memasarkan produk reklame. Adapun faktor pendorong dalam menghadapi persaingan usaha reklame adalah kelayakan pasar, tenaga kerja yang mempunyai ide, gagasan dan skill yang terampil, penggunakan teknologi dan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Faktor penghambatnya adalah keterbatasan modal investasi maupun modal kerja, kurangnya tenaga yang terampil dan professional, keterbatasan wawasan bisnis dalam mengelola usaha, jarang atau bisa dikatakan hampir tidak ada pelatihan keterampilan usaha reklame. Perilaku persaingan antar pengusaha reklame ii terdapat praktek yang melanggar syariat Islam yaitu persaingan usaha yang tidak sehat dengan cara menjatuhkan harga. Banyak pengusaha yang tetap menerima orderan walaupun keuntungan yang didapat sedikit dengan menggunakan harga terendah agar mampu bersaing dengan pengusaha reklame yang lain. Perilaku persaingan antar pengusaha reklame tidak sesuai dengan prinsip Ekonomi islam, karena di dalam Islam persaingan yang diperbolehkan adalah persaingan yang dilandasi oleh nilai kebaikan dengan semangat kerjasama dan tolong menolong, serta persaingan yang sehat dan tidak menghalalkan segala cara hanya untuk sekedar memenangkan persaingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 19 Dec 2016 12:32
Last Modified: 19 Dec 2016 12:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/9935

Actions (login required)

View Item View Item