PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE BUZZ GROUP KELAS VII MTs MIFTAHUL’ULUM TANJUNG PINANG

Jariana, (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA (PBAS) DENGAN METODE BUZZ GROUP KELAS VII MTs MIFTAHUL’ULUM TANJUNG PINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201184.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa (PBAS) dengan menggunakan metode buzz group kelas VII MTs Miftahul’Ulum Tanjungpinang. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa (PBAS) dengan menggunakan metode buzz group kelas VII MTs Miftahul’Ulum Tanjungpinang pada pokok bahasan Himpunan?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Tanjungpinang yang berjumlah 31 orang dan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes yang dilakukan setiap kali pertemuan. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, peneliti memberikan skor untuk setiap soal per indikator dari hasil belajar matematika, kemudian menganalisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis data hasil tes hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan, diperoleh ketuntasan individual dari 31 siswa yaitu 22 siswa tuntas dan 9 siswa belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal 29,03%. Sedangkan hasil tes hasil belajar matematika dengan penerapan strategi pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa (PBAS) pada siklus terakhir diperoleh ketuntasan individual 29 siswa tuntas dan 2 siswa belum tuntas, rata-rata ketuntasan secara klasikal mencapai 93,54%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa (PBAS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Miftahul Ulum Tanjungpinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 14 Jan 2016 08:33
Last Modified: 14 Jan 2016 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item View Item